[Review Novel] Men[♥]jeda (kisah cewek galau sejagat)

Yuhuuuuu kembali lagi dengan sepenggal cerita dari novel yang abis w baca, yapp kali ini w akan sedikit ngebahas tentang satu novel baru. Ceritanya pas w lagi ke gramed *lagi ada diskon dari gramed^^* sama temen w istrinya si yuyun w ngelirik satu novel ini *sebenernya banyak sihh hehe* dari judulnya Men[]jeda…hemmmm sempet mikir apa maksudnya yahh…setelah baca sinopsis dibelakangnya jadi makin tertarik,,,sepertinya ceritanya manis,,,hehehe. Dengan harga asli Rp. 49.000 dan dapet diskonan 20% *lumayan* serta tebal buku 272 halaman, Men[]jeda adalah novel debut karya Adya Pramudita, perempuan kelahiran asal kota Bogor.

Gambar

Judul : Men[]jeda (Mencari Muara Cinta)

Pengarang: Adya Pramudita

Terbitan: Grasindo, 2014

Sinopsis

Mengingat dirinya, aku seperti melukis sketsa dari garis terakhir. Menemukan kegembiraan, tawa, jahil dan tangis pada kurun waktu yang lampau. Setidaknya, aku pernah mengenang, bahwa aku pernah merasa bahagia dimasa laluku.

Bersamanya…sketsa cintaku tak perna usang. Namun, ketika aku menemukanmu ataukah engkau yang menemuanku? Keseharianku seakan diselingi alunan lagu dengan lirik-lirk yang merdu. Kaun mengenalkan aku pada kehidupan yang memiliki banyak warna. Kau juga yang menggenggam erat tanganku disaat aku harus membuat keputusan tersulit.

Kehadiranmu bagai pilar untukku dapat bersandar, dan membantuku agar selalu berdiri tegar.

Sepenggal kisah

Kita memang memiliki satu hati, tapi kita bisa menyayagi beberapa orang dalam waktu yang sama. Tentu dalam tingkat yang berbeda…hanya hati kita yang mengetahui siapa yang menempati ruang dan tingkatan yang mana. Dan, seharusnya itu tidak tertukar.

Namun hidup adalah serangkaian peristiwa dalam gerombolan-gerombolan kejadian. Kita bisa memutuskan siapa yang akan kita turunkan dalam sebuah stasiun dan meninggalkannya, kemudian kita bisa memilih siapa yang akan menemani perjalanan kita selanjutnya. Seharusnya demikian, pada kenyataannya, TIDAK.

Ketika dirimu terpisah dari seseorang di masa lalu, tidak serta merta jejaknya terhapus dalam ingatanmu…ia mampu menguntit , hingga engkau harus kembali. Kembali untuk membuka lagi atau sekaligus menutup rapat kisah itu, dan menyimpannya dalam ruang yang terkunci.

Itu adalah kisah pada halaman pertama dalam novel, bercerita tentang seorang gadis bernama Keira yang harus terpisah dengan Giras karena hubungan mereka ditentang oleh ayah dan ibu Keira, ibunya adalah seorang wanita karir sementara ayahnya adalah seorang camat yang disegani didesa walaupun begita sang ayah tak punya kendali di dalam rumah seperti macan kehilangan giginya, karna sang ibulah yang mengontrol isi rumah beserta masa depan anak-anaknya, Keira memiliki kaka yaitu Rania namun mereka berbeda, Rania lebih menurut menjadi cetakan yang ibunya inginkan, sementara Keira selalu mencari kesempatan untuk kabur dari rumah dan bermain bersama Giras. Giras adalah seorang anak yang bisa dikatakan brandalan dia selalu mengutamakan kebutuhan keluarganya walau dengan cara yang nggak halal. Saat SMA mereka harus terpisah, lebih tepatnya dipisahkan, saat Keira ingin pergi Giras berada didepan pagar Keira dan mengatakan pada Keira “pasti itu yang terbaik untukmu Kei” kata itu yang selalu tergiang dalam ingatan Keira.

Setelah tiba di kota Bogor, Keira tinggal bersama tantenya yaitu tante Rein dia yang mengus Keira selama sekolah. Berada di tempat baru membuat Keira sulit untuk beradaptasi, dia menjadi anak yang penyendiri dan tidak banyak ngomong. Saat itulah datang Radja…dia adalah satu-satunya orang yang mengulurkan tangannya untuk Keira. Radja yang menyadari Keira tentang bakatnya, bahkan Radja memberi satu rim kertas A4 untuk Keira membuat cergam dan diam-diam Radja pula yang memasukkannya ke mading sekolah. Radja memberikan banyak warna  dalam kehidupannya. Hingga saat kuliah mereka terpisah, Keira kuliah seni rupa di ITB sementara Radja harus kuliah di kota Roma Negara ibunya. Sanyangnya ditengah jalan kuliah Keira harus terhenti karna terbentur biaya dan kenyataan bahwa ayah dan ibunya telah berpisah, ayahnya dipecat dan status PNSnya dicabut tanpa alasan. Tak berselang lama Radja mencari Keira dengan mengitari kota Bandung selama 13 hari, saat itulah Keira bercerita tentang kisahnya selama Radja tak ada, tanpa basa basi Radja memboyong Keira untuk hidup di Kota Roma bersama dirinya dengan menggunakan uang warisan neneknya. Bersama Radja, Keira sekali lagi menemukan jalannya, sosok pria yang selama 10 tahun bersamanya, sampai Keira menjadi designer. Dalam perjalan 10 tahun mereka, Keira masih teringat tentang Giras bahkan sosoknya selalu muncul pada tiap sketsanya. Hingga suatu ketika Radja menggambil keputusan untuk menjeda hubungan mereka agar Keira bisa mantap memilih antara dirinya atau Giras.

Cerita ini manis dengan gaya bahasa yang bagus ditampilkan oleh penulis, cara berceritanya jugaa asik, membuat pembaca bisa menyelam kedalamnya dan mengetahui gambarannya. banyak kosa kata Italia,,,yahh sekalian belajar bahasa Itali hehehe,, Buona fortuna (semoga berhasil)  nggak ketinggalan banyak typo kanan kiri yang bikin aga bingung bacanya terus penggunaan tanda baca juga sering bikin bingung dan lagi suka ada alur yang tiba-tiba melenceng tanpa penjelasan dan kembali lagi.

Over all w suka ini novel Keira si cewe tergalau sejagat raya,,,ampun dah sama dia yang emosinya berubah-ubah secara drastis dan g pernah yakin sama apa yang bakal dipilihnya. Aga sebel juga sih saat dia menelantarkan cinta Radja dan milih pulang mencari Giras. Sementara Radja sendiri adalah sosok cowo yang nyaris sempurna menurut w ^^. Elang Radja Samudara, w nggak abis pikir aja ada cowo berhati malaikat kaya dia dan membuat w berpikir keras “ada nggak sih sosok Radja di dunia nyata”…kalau ada pesen satu LoL…Radja itu baiknya ampun ampunan dehh,,,selalu berpikir dewasa macam pria sejati bahkan dia mengartikan kata cemburu dari sudut yang berbeda yaitu dari segi kebahagian, jadi dia rela ngelepas cewe yang dia cintai kalau cewe itu bahagia…*yampun Radja kau ini apa” :p . dan Giras yang merupakan temen dari kecil Keira walaupun hubungan mereka ditentang oleh orangtua Keira, dan Giraslah yang membuat Keira kembali.

Hmmmm cinta, simpati ataukah rasa iba,,semuanya amat tipis memang perbandingannya,,,baca ni novel emang gregetan liat kegalauwan Keira dan kebaikan minta ampun Radja serta sosok Giras yang menjadi dewasa yang selalu ada dalam pikian Keira.

Tapi-tapii di Roma itu si Keira tinggal satu apartemen sama Radja padahal nggak ada hubungan apa-apa, aga janggal emang kalo dipikir secara di Indonesia hal kaya gitu nggak wajar, bukan muhrim katanya apalagi satu atep. Well mungkin gpp bagi Radja yang setengah indo lebih lagi mereka di Roma, walau mereka make batas teritorial di dalam rumah tapi tetep aja yah klo adat timur aga gmn gituu… ^^ oke w pribadi bakal kasih hmmmm 3.5 bintang deh…sukses terus buat penulisnya, makasih juga karna dan nyuguhin diksi gaya bahasa yang indah banget didalemnya *itu yang lagi w pelajari* ^^ dan bisa belajar dikit bahasa Itali,,,sambil menyelam minum aerr  #glekk  Grazie mille (terima kasih banyak).

Iklan

2 thoughts on “[Review Novel] Men[♥]jeda (kisah cewek galau sejagat)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s