Diposkan pada Islami, Novel, Review, Sinopsis

[Review] Rembulan di Pinggang Bukit

Assalamualaikum. Yuhuwwww, im back. Akhirnya novel ini sampe dengan selamat sentosa di rumah gue, hehehe. Rembulan di Pinggang Bukit, bercerita tentang anaknya Tsani & Athaya. Yup, masih inget kan siapa mereka^^. Nah, kali ini cerita tentang anak pertama mereka yaitu Mufaisha Rahma Nurpati dan yah, kita bisa liat juga cerita rumah tangga Tsani & Athaya. Yukk mariii

image

Judul: Rembulan di Pinggang Bukit
Karya: Susan Arisanti
Tebal buku: 283 halaman
Tahun Terbit: April 2015
Penerbit: Griya Pustaka

Sinopsis:
Hiperaktif. Sering kena omel. Sadis. Jutek. Tapi, memiliki hati yang lembut. Sebut saja Mufaisha Rahma Nuroati. Usianya 17 tahun, tapi tidak seharipun dia tidak membuat kesal ibunya. Mulai dari kulkas yang rusak, kabel listrik yang di acak-acak, mesin cuci yang ngadat, dan alat elektronik lainnya yang tidak selamat jika disentuh Mufaisha.
Hal yang paling disukai selain dalam laboratorium pribadinya adalah berada di atap. Jangan pikir, atap adalah atap genteng. Apalagi? Tentu saja membuat percobaan “Penghematan Listrik Menggunakan Inverter, Energy Server, Kapasitor dan lain-lain” dan dia lebih suka menyebutnya sebagai ide cerdas saat emak adalah mahluk paling boros listrik sedunia.
Dengan tingkahnya yang luar biasa itu (baca: di luar garis normal) apa dia juga melewati kisah cintanya layaknya virus merah muda yang menyerang setiap remaja normal?
———————————
Eng. Ing. Eng. Yupp, Mufaisha itu emang di atas normal kalo menurut gue. Hahaha, gimana nggak. Di halaman pertama aja kita dah disuguhin sama aksi Icha *panggilan dari keluarga* bikin kulkas tanpa listrik yang buat dapur Tsani jadi amburadul. Kulkas tanpa listrik yang terbuat dari bambu beserta arang. Tentunya membuat Tsani sang Umi geram dan ngomel-ngomel. Nah, di sini hebatnya Icha, dia balikin perkataan Uminya dengan bilang bahwa pada saat kita marah justru setan yang bahagia. Sebab bisa membuat manusia bisa lupa diri dan menyebutkan ayat Al Quran “…dan orang-orang yang menahan marah dan memaafkan kesalahan orang lain. Dan Allah sangat mencintai orang yang berbuat kebajikan“. Hahaha, dasar si Icha. Icha juga punya tetangga keceh lohh, tetanggan selama 17 tahun dan balkon kamar mereka saling berhadapan. Kazuma L. Tobing yang sering dipanggil Juma, anak dari Revan dan Nami. Si Juma ini sering banget dikatain pentium sama Icha. Yang seru pas Icha ngapalin rumus volta menggunakan jembatan keledai “Kazuma Naksir Hanum Bikin Sengsara. Kalium, Natrium, Hidrogen, Bismut, Strontium“. Manteb nih apalannya^^ . Oia Icha ini dibikinin laboratorium pribadi sama Athaya dengan syarat di siang hari dia bimbel, menjelang malam dia ngaji. Kalo, Juma, di usia mudanya dia suka berjualan di taman dan uangnya dia ahlikan untuk yayasan panti asuhan yang dibuatnya, dia juga penulis lohh. Banyak banget kisah absurd di sini. Mereka sama seperti remaja lainnya, malah Juma manggil Icha dengan sebutan Ai, alasannya biar beda dan menggambil dari kata Mufaisha (bisaan si Juma). Namun, mereka lebih memilih cinta dalam diam. Gue suka banget nasihat ayah Revan tentang menghormati wanita dan Tsani tentang membangun kapasita diri. Saat scene debat Icha dengan Kalila tentang berhijab, jujur ini emang sering kali yang terjadi jika ditanya kenapa belom mau berhijab, pasti jawabannya belom siap. Nah, argumen Icha ini nampar banget dah. Juga saat Icha mencari keberadaan Tuhan yang langsung dicecer sama Juma dengan pengetahuan agamanya. Juma juga suka bangun Icha pas Qiyamul lail dengan mimpuk jendela kamarnya. Yang kocak saat Icha mau ngelakuin penelitian dan bertanya pada Juma tentang kecepatan buang air kecil dari lantai 3 dan 10. Wkwkwkwk, absurd banget ini si Icha. Gue juga suka analogi Icha yang diambil dari hukum bacaan, dia gak mau jadi Idghom, tapi maunya jadi idzhar^^.

Oia, di sini kita bisa ketemu sama Niam dan Maida alias Nawaila waktu kecil. Ihh, lucu banget mereka. Nangis gara-gara layangannya putus, akhirnya dibuatin layangan make batre sama Icha. Kerennn. Gak ketinggalan papah Mandala yang keceh abis tempat curcolnya Icha. Ah, lupa. Icha punya ade kembar. Yup, siapa lagi kalo bukan Miraj dan Thaimiya. Miraj manjanya minta ampun beda sama thaim yang cool. Miraj jago kaligrafi, Thaim jago di hafalan. Ahh, apakah kak Susan bakal bikin cerita si Miraj?  Heehe. Kalo Thaim kan udah muncul di cerita Niam..piuhhpiuhhh~~

Gue rasa nih, cerita mereka bagus dibaca sama remaja. Bagaimana mereka lebih memilih meredam rasa dan membangun kapasitas diri, dari pada terjebak dalam hubungan tidak halal yang menambah dosa. Cerita mereka membuktikan 2 hal. Di dalam ayat Al-Quran mengatakan “lelaki yang baik untuk wanita yang baik, begitupun sebaliknya“. Dan tentunya, jodoh gak akan kemana-^^-.

Gue kasih 4,5 bintang buat cerita ini. Dari segi cover lumayan dibanding yang pertama, hehe. Semoga cover selanjutnya bisa cetar. Ada juga typo, tapi gak fatal. Kak Susan selalu ngambil sudut pandang orang ketiga yang ngebuat kita tau dari segala sisi. Gaya bahasanya khas Susan, kadang gue suka gak paham, macem bahasa tingkat tinggi dan harus baca dua kali buat ngerti :p . Gue selalu suka pembahasan agama di cerita Susan Arisanti. Nambah wawasan lagi deh^^.
Dan di halaman terakhir Juma ngomong “Malaikat cemburu”. Ahh, jadi inget Sedang Malaikat-pun Cemburu. Cerita tentang Ni’am. Gak sabar buat dijadiin novel cetak.

Nah, bagi yang suka banget baca karya-karya Susan Arisanti  selalu bilang kalo mereka jatuh cinta sama karakter Juma dan Harris. Hihi, yah mereka rada mirip sih, tapi gue lebih suka dan paling suka sama karakter Harris, yah dari semua cerita gue bilang karakter Harris ini loveable banget, yang bikin gue berdoa semoga dapet jodoh suami macem Harris, semuanya bilang “aamiin“. Hahaha, suamiable (yah gak, jeng Ila n Ayang), cool di luar tapi warm di dalam, pengetahuan agama dan akademiknya topcer, dan…aduh stopp, tunggu gue dapetin novelnya baru cerita. Hehe

Nah, sekarang saatnya tebar quote…

•Halaman 84 (gue suka nasehat dari ayah Revan ini):
“Kalau kamu nanti jatuh cinta, maka tetapkanlah wanita itu pada hak-nya. Untuk mendapatkan penghormatan, bukan memainkan perasaanya bahkan melecehkannya. Cinta itu adalah komitmen, dan jika kamu berani mengajaknya pacaran, maka kamu harus lebih dulu berani mengatakan bahwa kamu siap menikahinya”.

•Halaman 104 (Postingan Juma):
“Aku sudah melihat jutaan senja, tapi tidak satupun dari mereka yang lebih indah daripada ketika kau memelukku sebagai sore yang sederhana”.

•Halaman 170 (Catatan Juma):
“Cinta yang kusembunyikan ini adalah tanda bahwa aku mencintaimu, juga mencintai Tuhanku lebih dari nyawaku sendiri”.

•Halaman 258 (ini tulisan Tsani buat menghibur dan nyadarin Icha, well gak Icha aja sihh, kita juga):
“Mufaisha putri Umi, apa kabar hatimu? Masihkah ia sebening embun yang merunduk tawadhu di pucuk-pucuk daun? Apa kabar imanmu? Masihkah ia seperti matahari yang terang benderang menerangi kehidupanmu? Dan… apa kabar takwamu? Masihkah ia setegar karang menghadapi gelombang ujian?”

Baiklah, segitu aja dulu. Padahal banyak banget yang gue tandain. Hahaha, yuwiss. Semoga gue cepet dapet bukunya Harris, Niam, and papah Mandala.\^o^/

Wassalamualaikum.

Iklan
Diposkan pada Islami, Novel, Review

[Review] Tsani & Athaya

image

Judul:  Tsani & Athaya
Karya:  Susan Arisanti
Terbit:  April 2015
Tebal buku: 172 halaman
Penerbit: Griya Pustaka

Assalamualaikum. Hola-helooow, balik lagi. Dah lama banget gak berkunjung ke sini *yampun. Okey, kali ini gue bawa cerita yang baru #asikkk.
Novel satu ini bercerita tentang cowo atheis dan cewe muslimah. Lama gue tungguin buat dibaca, nanya kiri kanan gak ada, sampe nanya ke penulisnyapun udah abis, hingga suatu hari ada fanpage watty yang stock ini buku. Langsung cuss beli, hehe. Novel ini beda banget sama novel yang biasa gue baca. Yup, ini kisah cinta berbalut religi yang dikemas apik sama kak Susan dan buat wawasan Islam gue bertambah disetiap karyanya. Baiklah, langsung aja cekidott…^^

Sinopsis:
Tsani ingin hidup bersama pria yang menikahinya karena Allah. Ia ingin menjalani kehidupan sesuai apa yang iayakini. Namun, ketika Athaya datang padanya dengan sebuah alasan, ia tak mampu menolak. Meski ia tahu bahwa Athaya sama sekali bukan suami ideal baginya.
Banyak hal mendasar yang mengakibatkan mereka berbeda, terlebih Athaya adalah seorang atheis yang berkebalikan dengan Tsani. Juga dosa-dosa masa lalu yang mengancam hubungan mereka. Akan tetapi, bukankah seburuk apapun masa lalu seseorang, masa depannya masih suci?
————–
Sepenggal Cerita:

Kisah Tsani ini bermula saat dia memberanikan diri bertemu dengan Athaya untuk menyelamatkan pesanteren milik ayahnya. Lalu, Athaya membuat penawaran akan mengabulkan keinginan Tsani asal dia bisa ‘tidur’ dengannya. Tsani menyanggupi dengan syarat mereka harus menikah dulu, walaupun nikah siri. Singkatnya mereka menikah dan terjadilah malam pertama. Hmm, di sini awal mula pergolakan batin, saat Athaya ingin menagih haknya, Tsani meminta untuk terlebih dahulu Athaya solat pengantin 2 rokaat dan mendoakannya (gue baru tau ini^^). Saat itulah Athaya geram dan hilang mood, lalu mengaku bahwa dia gak percaya Tuhan itu ada. Jujur dibagian ini gue mau nangis, denger cerita Athaya kenapa dia sampe atheis. Rasanya sakit banget seseorang bilang kaya gitu. Gue tambah bergemuruh saat Tsani bilang “Laa illaha illallah, kau dengar jantungmu? Bisa merasai detaknya? Seperti itulah Tuhan. Kita mungkin tak bisa melihatNya, akan tetapi kita bisa merasakan kehadiranNya” Allahu Akbar. Kisah mereka juga menjadi pelajaran buat gue. Jatuh bangunnya kisah mereka, gue salut banget sama karakter Tsani di sini, kak susan ngebuat seorang muslimah, namun sangat kuat dengan segala tekat dan iman yang dia bawa untuk merubah suaminya. Salut sama Tsani yang tetap bertahan dengan segala kekelaman masa lalu Athaya yang jauh dari kata Islami. Gue juga suka kata-kata ini “Seburuk apapun masa lalumu, masa depanmu masih suci”, jadi jargon banget kayanya. Haha. Rasanya gue mau numpahin di sini semua, gue suka semuanya. Tangis, tawa, getaran, semua jadi satu. Saat Athaya mendoakan Tsani yang lagi tidur dengan memohon pada Allah untuk mengharamkan wajah istrinya dari api neraka dan masuk surga tanpa dihisab. Subhanallah, gue sampe mikir “apa suami gue kelak bakal doain gue juga?” Hahhaa, *yampun na, aamiin^_^*. Salut juga sama Athaya, emang yah banyak banget gangguannya kalo mau Hijrah dan kembali padaNya. Oia, gue juga penasaran sama bacaan Alfiyah Ibnu Malik yang dihafal sama Athaya sebagai syarat dari sang mertua. Pasalnya di setiap karya Susan selalu ada kata hafalan Alfiyah. Kayanya semua pada apal deh, kecuali gue ><…

Well, gue suka banget sama semua karya Susan Arisanti. Berbekal aplikasi wattpad, gue menemukan karya indah ini. Semua karyanya berbau religi, sarat makna, menambah wawasan keIslaman kita. Kadang gue gemeter bahkan sampe nangis saat baca tulisan yang begitu mengagungkan keberadaanNya. Subhanallah, bahkan dari yang gue gak tau, jadi tau. Thanks kak Susan.

Gue mau ngasih bintang 5 boleh ^o^//. Sebenernya gue cuman aga keganggu sama covernya yang menurut gue jauh dari kata bagus, maaf. Tapi, gue berpikir apa gak ada pemilihan cover yang lebih baik dari itu? Yah, perumpamaan ini kayanya berlaku "Don’t judge a book by its cover“, hoho.

Ahhhhh, gue mau nulis beberapa quote yang gue suka. Boleh yah kak Susan :* ((ia, sok atuh)) #ngarang :p

Halaman 33 (yang bikin senyum-senyum):
“Jika ada lelaki memgucapkan ribuan kata cinta-aku belum tentu menyerahkan hatiku. Namun, sekali saja lelaki itu mengucapkan ‘qabiltu nikahha’ maka aku akan mencintainya habis-habisan”

Halamam 75 (buat gue paham makna sahabat, beserta kehadirranNya yang amat dekat):
“Bukankah itu manfaat persahabatan? Tatkala dunia mengucilkanmu, membencimu, dan memusuhimu, sahabat selalu berdiri di sisimu. Menguatkan hatimu yang rapuh dan mengigatkanmu–ada Tuhan yang selalu menggenggam hatimu dan membolak-balikan hatimu. Kau hanya perlu menemuiNya. DIA sangat dekat-lebih dekat dari pada urat nadi leher”.

Halaman 122 (ini mengingatkan gue sama nasehat Abah ke Nawaila, tentang bagaimana kita harus menjadi sebuah wadah yang menampung air*LYKST):
“Memang benar, seseorang dengan payung tidaklah mampu menghentikan hujan yang deras, akan tetapi dengan payung itu seseorang bisa berdiri tegak di tengah-tengah hujan yang deras”.

Halaman 152:
“Memaafkan adalah bentuk tertinggi dari pengertian dan bentuk terkuat kasih sayang”.

Oke, sekian kali ini. Sukses terus buat Susan Arisanti, terus berkarya dengan memukau. Makasih buat cerita Islaminya yang cetar. Semoga selalu melahirkan karya dengan tema religi yang menambah wawasan, aamiin. Berharap novel Rembulan di pinggang bukit buruan nyampe^^,kisah anak pertama Athaya & Tsani, hoho. Gue juga nunggu papah Mandala di bukuin (seru pasti antara religi, cinta, politik), terus Harris yang macem mind reader, dan tentu aja kisahnya Ni’am Zamzami yang bikin bacanya luluh lantah dengan segala pemaparan sosial dan agama (ceritanya doi kuliah di UIN Jakarta, sama kaya gue. Hahhhaha). Gue suka arti namanya Ni’am Zamzami “Berkumpullah padaku segala nikmat”.
Hauhhh, gue baru sadar kalo kisah cinta berbalut Islami itu lebih bikin lumer *es kali ah* luluh lantah, okey gue mulai lebaii. Hihi. See youuuuu.

image
Ahh, hampir lupa. Terima kasih sama fp Novel Wattpad OL buat postcard lucunya :*

Wassalamualaikum.

Diposkan pada Novel, Review

(Review) The Chronicles of Audy 21

 

The Chronicles of Audy
21
Orizuka
Penerbit Haru, Juli 2014

22590893

Yeayyy w kembali bersama sebuah novel…yah bisa dibilang ini novel w sama temen” udah nungguin, setelah setaon akhirnya Orizuka lewat Penerbit Haru luncurin nih novel juga** Thank to Orizuka ^^… well dengan tebal buku 308 halaman, Audy21 ini merupakan buku ke dua setelah buku pertamanya yang sukses merebut perhatian w dan g sabar buat nunggu book selanjutnya,, yang pertama tuh judulnya 4R yang merupakan singkatan dari para penghuninya yang super kece tapi g kalah absurdnya hahahaha. R1 itu ada Regan cowok super ganteng, pengacara, prestasi oke. R2 itu ada Romeo yahh urakan, hacker sejati, gamers trus R3 ada Rex genius, cool, jago masak dan yang terakhir ada R4 yaitu Rafael…dia tuh anak ajaib kalo w bilang dan w g abis pikir Rafa itu anak umur 4,5 tahun ckckck kelewat tua sama umurnya hahaha..seperti yang tadi w dah bilang, 4R kelewat keceh dengan IQ menawan tapi kelakuan absurd semua ^0^, dan tentu aja ada Audy yang mengurus mereka semua yang katanya “bagian dari keluarga”…ke gramed sama si fatin n si yuyun dan berharap dpt cardnya Rex ehh malah dapetnya si Romeo yg awalnya kita ketawain.. ^^…dahh ahh lets cekidott…

 

Sinopsis
Hai namaku Audy
Umurku masih 22 tahun
Hidupku tadinya biasa-biasa saja
Sampai aku memutuskan untuk bekerja di rumah 4R
Aku sempat berhenti
Tapi mereka berhasil membujukku kembali
Setelah membeiku titel baru: ‘bagian dari keluarga”
Di saat aku merasa semakin akrab dengan mereka
Pada suatu siang, salah seorang dari mereka mengungkapkan perasaanya kepadaku
Aku tidak tahu harus bagaimana!
Lalu seolah itu belum cukup mengagetkan
Terjadi sesuatu yang tidak pernah terpikirkan siapapun
Ini, adalah kronik dari kehidupanku yang semakin ribet
Kronik seorang Audy

 

Well di Audy21 ini menceritakan kehidupan 4R1A setelah Audy balik lagi kerumah 4R dengan menyandang titel yang katanya “bagian dari keluarga” yang dia sendiri masih mencari makna dari kata itu. Haha ialah si Audy masih jadi pengasuh Rafael sekaligus Asst. Rumah tangga jelas dia galau sama itu, dan dipertanyakan “dimanakah letak bagian dari keluarga itu?” dari book 2 ini kita bakal dibawa lebih dalam lagi buat mengenal setiap sudut sisi 4R1A ini, dan banyak banget perubahan yang berarti. W sendiri gak bisa berenti senyum tiap lembarnya ^^ *yampun dah gila kali w* . Oke perubahan pertama banget tuh yah si bocah Rafael, disini dia udah mulai mencoba jadi layaknya anak usia dia, anak PAUD Ceria. Perubahan dia berawal pas disuruh maju kedepan buat nyanyi, yang lain nyanyi lagu bintang kecil, balonku, dan Rafa dengan ajaibnya nyanyi lagu yang w duga punya Taylor Swift judulnya Call me maybe, wkwkwk asli ngakak sama horor anak PAUD nyanyi begituan, nah sejak saat itu dy belajar lagu anak” dan dengan predikat otak yang cepet nangkep apa aja, dia bisa langsung apal 20 lagu dalam 2 minggu, dan Rafa juga belajar kesopanan yang di ajarin sama Audy, dan disini kita bisa liat emang Rafa tuh anak umur 4,5 tahun^^. Trus kita ke Romeo yahh sedikit bocoran ternyata dia pobia sampo *pobia yang g keren emang* yahhh selama ini Remeo make samponya Rafael sampo baby haha dan akhirnya suatu ketika Audy mengeramasinya well secara umur mereka sama Romeo, Audy ngerasa jadi satu-satunya orang yang bisa jadi layaknya temen kalo sama Romeo, marah-marah tanpa harus merasa bersalah, Romeo juga menawarkan bila Audy ada masalah atau lagi kesel tinggal dateng ke Romeo *hmmmm -_-*
Terus ada abang Regan yahh tetep ganteng dan sebuah kado turun dari langit buat dia hehe, tapi pukpuk buat Audy..hmmm g bisa dibilang gitu juga sihh yah.
Lalu Rex yupp karakter favorit w haha dia masih genius dan masih berbau peppermint *jadi mau tau wangi peppermint tuh kaya apa* . Tapi tapi disini dia beda banget, di awal dy masih sama, di tengah dia bikin kegalauan dan di akhir yampun-yampun w g abis pikir, Rex si robot kaku, cuek jutek bisa jadi super duper manis, dengan kata-kata dia yang bikin terbang,,ckckcck teori Plato rupanya banyak mengajarinya *waittt dari tadi kenapa w tertarik dengan teori Plato* hahahaha
Dan Audy yang masih sama tapi bisa merubah 4R ini kejalan yang semestinya hahaha,dan kali ini kegalauan seorang audy nagisa bertambah setelah pernyataan cinta dari salah satu 4R yg nyaris bikin si Audy nih bertingkah yah bisa dibilang rada” yahh :p pertanyaan dy yg koplak bgt dan terus diulang-ulang °apa kamu masih suka aku?° ^.^” , satu hal yang sama yaitu Skripsi dia belom dibikin-bikin,,erggg si Audy ini sukses bikin Rex sinis plus galau gegara Audy berasa g niat bikin tuh skripsi. *padahal awal beli 4R tuh buat nyemangatin w akan skripsi* hehehe

suka suka sukaaaa sama ini cerita,, dari book 1 trus ini book 2 ahhhhhh i love ittt dan g sabar buat book 3… ohhh nooo nunggu setaon lagi,,ergggg,,,plissss mba Orizuka percepatlah meluncurkan book 3 ^^. Kalo boleh kasih bintang, w mau kasih 5 walo masih banyak typo beterbaran. Dan WARNING jangan sekali-kalii baca nihh novel di keramaian, tempat umum, BAHAYA,,, pasalnya bakal dibilang stress alias g waras karna cengar-cengi, senyum sendirian gaje..hahaha effect banget ini mah ^^

Oia w suka banget kata-kata dari seorang Rex Rashad lohhh yang berhasil bikin w nambah senyum++
“kamu adalah entitas yang jadi kelemahan sekaligus kekuatanku; yang membuatku merasa lebih hidup”

Ckckck masih g abis pikir Rex bisa bikin tuh kata”, gabungan entah dari teori mana dan rasa apa :p
dan Plato telah mengajarkan kata ini pada Rex ^^
“love is the desire for perpetual possession of the good”
yang kurang lebih artinya.. “cinta adalah keinginan untuk memiliki kebaikan yang abadi”

nah ini dia poto card yang tadi w bilang…yang sempet w perdebatkan sama temen” w *lebih tepatnya disindir* :p yg pertama kita kira Audy *soalnya berkonde* dan ternyata itu romeo dan yahh yg w dapet ini..wkwkwk

image

Diposkan pada Novel, Review

[Review] Gadis Kecil di Tepi Gaza

 

Kali ini gue bakal ngebas novel yang masuk dalam cerita Islami judulnya “Gadis Kecil di Tepi Gaza”. Novel ini ceritanya lagi di pake temen gue buat penelitian skripsinya tentang analisis narasi dan gue embat dulu buat baca ahahaha…tingkyu buat temanku itu yang mau minjemin novelnya disela penulisan skripsi dia ..
image

 

Gadis Kecil di Tepi Gaza

Vanny Chrisma W.

Diva Press

 

 

Palestine seorang gadis berumur 11 tahun yang tinggal di Negara Palestina tepatnya di kota Gaza. Tinggal bersama ayah ibu dan kedua saudaranya, hingga suatu kejadian yang amat mencekam harus memisahkan Palestine dari keluarganya. Agresi militer Israel di tahun 2008 meluluhlantahkan kota Gaza, semua bagunan di hancurkan melalui jalur darat dan udara, tidak terkecual rumah Palestine yang membuatnya harus kehilangan keluarganya di saat sang ayah sedang bertugas. Palestine hanya mengambil cincin milik ibunya agar bisa bertemu kembali dengan ayahnya. Di camp penampungan Palestine cukup tertutup di bantu Yanann seorang pemimpin anak-anak pengungsian di Jabaliya Palestine mempunyai teman ngobrol, serta dia memiliki Adeba, seorang anak berumur 8 tahun yang luar biasa, dia mempunyai kemampuan untuk melihat masa depan atau yang sering disebut dengan indera ke enam. Terbukti saat Adeba mengatakan pada Palestine bahwa sekolah PBB yang sedang mereka pakai untuk belajar akan hancur oleh bom dari militer Israel, awalnya Yanaan tidak percaya namun hal itu terjadi setelah mereka keluar bom itu meluluhlantahkan bagunan PBB yang dibuat untuk mereka. Palestine mempunyai tekad ynag kuat untuk bertemu sang ayah hingga suatu ketika dia ditembak oleh salah satu militer Israel karena kesal akan ucapannya. Palestine pun dilarikan ke rumah sakit dan keadaannya kritis, peristiwa Palestine menjadi headline di mana-mana, sampai akhirnya Ayah Palestine melihat berita itu, ayahnya merupakan kelompok Hamas yang melawan Israel. Ia amat ingin menemui putriinya itu, satu-satunya keluarga yang masih dia miliki. Dengan bantuan temannya ahirnya dia bisa menemui Palestine di rumah sakit,tapi saat ingin mengambil air minum untuk Palestine ayahnya diculik oleh militer Israel karena dicurigai sebagai kelompok Hamas. Perjalanan dan penderitaan yang dialami Palestine tidak lah mudah untuk bertemu sang ayah ditengah agresi militer yang dilakukan Israel secara kejam di Negara itu.

 

Cerita ini luar biasa menggugah, bagaimana gadis berumur 11 tahun sudah harus menghadapi situasi seperti itu, perasaan sedih, marah bercampur saat membacanya. Penulis juga menceritakan bagaimana awal terjadinya agresi militer ini serta jejak Bani Israil pada zaman Nabi. Kekejaman dan kebengisan para tentara Israel tergambar dari cerita ini. Awalnya gue aga takjup liat Palestine, dia umur 11 tahun cara bicara dia layaknya orang dewasa…bukan bicara tentang impiannya, tapi menaruh kemarahannya terhadap Israel…well itu mungkin aja karena keadaan yang membuat dia dewasa sebelum waktunya, berada di tengah konflik peperangan setiap saat memaksanya tumbuh dewasa secara cepat, tekanan batin yang dirasain sama Palestine disini tuh tersampaikan, gimana sakitnya dia melihat keluarganya tak bernyawa di depannya dan kekajam Israel yang membuat dendamnya semakin memuncak pada Negara itu. Keteguhannya yang ingin bertemu dengan Ayahnya dan menyerahkan cincin ibunya. Hmm perjuangan Ayah dan anak ini sungguh buat miris. Yanaan seorang ketua pemuda yang membantu anak-anak pengungsian di Jabaliyah dan sangat memperhatikan keadaan Palestine, terus ada tokoh Adeba seorang gadis kecil yang punya kemampuan melihat masa depan,,,awalnya horor banget sama apa yang di omongin, tapi Yanaan n Palestine lama-lama terbiasa,,,hingga Adeba bilang sama Yanaan “kau akan melihat siapa yang nantinya yang akan tetap hidup dari kita bertiga” hororr Adeba hehe…

W pribadi sebel bgt yah sama kekejaman Israel terhadap negara Palestina….terus jadi inget kata Ayahnya Palestine yang bilang kalau suatu saat Israel dan Palestina berdamai maka akhir dunia semakin dekat ><…dan gue sempet nangis saat baca kata-kata sang dokter saat menasehati seorang ibu yang baru kehilangan anaknya “tidak ada yang tau tentang takdir manusia. Bergembiralah nanti kelak Nyonya di akhirat ada penolong kecil ini yang akan menarikmu masuk ke dalam surga. Dialah penolongmu kelak. Seharusnya kau tidak pelu sesedih itu. Janji Allah tak akan pernah salah”…

 

Puisi Palestine untuk Israel

Palestine, menggugat Israel

Seorang gadis kecil menghadapkan wajahnya,

Mengarah ke atas langit, siang hari,

Tak sepantasnya yang seharusnya dilihat,

Oleh seorang gadis kecil, Palestine…

 

Tak sepantasnya…

Di mana bukanlah lambaian dari layang-layang

Yang dihembuskan ke kanan kiri oleh sang angin,

Tapi, sebuah pesawat besar, yang kata gadis itu

 

Palestine mencerit kuat,

Mengangkat tanganya dan mengongak,

Serunya yang terdengar menggelegar,

“kalian adalah Laknat!”

Seorang gadis kecil sebelas tahun

 

Berteriak, “Laknat untuk Israel!”

Seharusnya ia berkata lain, tentang impiannya…

Tapi, mimpi itu telah kandas, bersamaan dengan datangnya hari ini…

 

Sebelum refugee camp, terkena api, ledakan yang dahsyat…

Palestine, menggugat dunia….

Dan berkata, “Laknat untuk Israel!”

Diposkan pada Novel, Review

[Review] Sunshine Becomes You

Wuhuuuu im back lalala setelah berhasil melewati sidang skripsi *alhamdulillah* saatnya mulai ngelist novel mana dulu yang mau dibaca hehehehe,,, dan langsung mau baca Sunshine Becomes You well emang w berasa ketinggalan bgt ye soalnya ini novel terbitan tahun 2012, gapapa dah soalnya baru kenal Ilana Tan juga hohoh, novel ini punya 432 halaman wooww lumayan dah tebelnya tapi berhasil w baca ampe abis setengah hari doang ^^ *sombong* and tingkyuu bgt buat adik fatin *bukan fatin xfactor :P* yang udah pinjemin ini novel *lagi-lagi minjem g modal* hahaha,,,okey langsung aja sepenggal ceritanya,,,cekidottt

 

Image

Sunshine Becomes You

ILana Tan

Jakarta, 2012

PT Gramedia Pustaka Utama

 

 

Ini kisah yang terjadi dibawah langit New York…

Tentang harapan yang muncul ditengah keputusasaan…

Tentang impian yang bertahan di antara keraguan…

Dan tentang cinta yang memberikan alasan untuk bertahan hidup.

 

Awalnya, Alex Hirano lebih memilih jauh-jauh dari gadis itu-malaikat kegelapan yang membuatnya cacat. Kemudian Mia Clark tertawa, dan Alex bertanya-tanya bagaimana ia bisa berpikir gadis yang memiliki tawa secerah matahari itu adalah malaikat kegelapan.

Awalnya, mata hitam yang menatapnya dengan tajam dan dingin itu membuat Mia gemetar ketakutan dan berharap bumi menelannya detik itu juga. Kemudian Alex Hirano tersenyum, dan jantung Mia yang malang melonjak dan berdebar begitu keras sampai-sampai Mia takut Alex bisa mendengarnya.

 

Ray Hirano merupakan penari hiphop dia adalah adik dari pianis terkenal Alex Hirano, Ray menemui kakanya itu untuk memastikan kakanya masih hidup karena sibuknya jadwal show Alex sampai tidak pernah mengabari keluarganya, mereka itu orang jepang yang besar di Amerika. Ray mengajak Alex keluar dan ingin menunjukkan pada kakanya gadis yang ditaksirnya selama ini Mia Clack gadis dengan wajah Asia, cantik dan memiliki senyum bagai matahari seorang penari kontemporer. Setelah sampai di Small Step Big Step Dance Studio tempat Mia mengajar, tanpa peringatan seseorang menubruk Alex dari atas hingga mereka berdua jatuh kelantai dan yang menubruk itu tidak lain adalah Mia kejadian itu berakibat fatal bagi Alex karena Alex harus merelakan dirinya tidak bisa mengikuti show pianonya, dokter menyarankannya istirahat total selama 2 bulan karna tangannya terkilir. Mia yang merasa bersalah mengajukan dirinya, memaksa Alex untuk menjadikannya sebagai tangan kirinya, awalnya Alex menolak tapi akhirnya dia menerima Mia untuk menjadi ‘pesuruhnya’ selama tangannya sakit. Seiring berjalannya waktu Mia dan Alex selalu menghabiskan waktu bersama membuat mereka tau kebiasan bahkan rahasia yang tidak diketahui orang lain bahkan rahasia terbesarnya kecuali orangtua Mia dan sekarang Alex juga mengetahuinya dan Alex memutuskan untuk Mia harus pindah ke Apartemennya untuk tinggal besamanya. Semua tau bahwa Ray menyukai Mia karena Ray selalu terbuka, tapi Alex susah ditebak karena dia begitu tertutup dan bagaimana dengan Mia siapakah yang akan dia pilih diantara kedua kakak adik ini? atau tidak sama sekali?…

Wowww ini ILana Tan tulisannya romantis hehehe, cerita yang ringan dan tetep sweet, kisah cinta kedua kakak beradik yang mencintai wanita yang sama,,,tapi w sangat suka karena kedua kaka adik ini bermain adil dalam hal merebut hati Mia *prokprokk,,gitu dong yang namanya sodara*

Yang lucu tuh saat nyokapnya Alex ngamatin kedua putranya dan langsung nebak kalau mereka mencintai gadis yang sama, cara Mia tersenyum pada keduanya sama tapi cara Mia menatap ada yang berbeda dan membuat nyokapnya tertarik,,,uhuiii

Rahasia-rahasia kecil Mia yang perlahan diketahui Alex dari dirinya sendiri bahkan rahasia terbesar dalam hidupnya dan alasan Mia berhenti menari,,, Ray telah menyatakan perasaannya kepada Mia begitu pula Alex tapi Mia tidak mau menjalin suatu hubungan, apa yang ditakutkan Mia? Akankah dia menerima cinta Ray yang mengenalnya lebih dulu dan selalu baik padanya, atau Alex yang awal pertemuan mereka bisa dikatakan takdir, atau bukan keduanya…#nahlohh baca aja sendiri hahaha

Suka banget scene pas Alex berdongeng sebelum tidur untuk Mia,,,ceritanya menggambarkan mereka,,soooo sweet^^ tapi Mia berusaha biasa aja sih,,, dan Alex nyiptain lagu khusus buat Mia awalnya “Thinking of Clark” hahaha “aku memikirkanmu ketika menulis lagu ini” kata Alex ^^ dan judulnya diganti sama Alex biar lebih masuk akal “Sunshine Become You” kata Alex soalnya “setiap kali aku melihatmu, aku selalu teringat pada sinar matahari” *terbanggg* dan memainkan piano *yaiyalah Alex kan pianis* romantess bgt dah.

Well ada kata-kata yang w suka dan yahh bikin haru karena terlalu manis sekaligus membolehkan aer mata buat terjun,,,*lebaii* tepatnya ada dibagian depan cover dan di halaman 429

“Walaupun tidak ada hal lain didunia ini yang bisa kaupercaya, percayalah bahwa aku mencintaimu. Sepenuh hatiku” ^^

 

Diposkan pada Novel, Review

[Review] Dirty Little Secret

Sebelumnya makasih buat yuyun *bukan nama sebenarnya* yang udah minjemin novel ini hahaha…w baru pertama baca karya dari Aliazalea dan ternyata kata yuyun dia itu udah nulis banyak buku selain ini *yah bisa diliat dibelakangnya sih* dan jadi mau baca novel dia yang lainnya tapi harganya aga nyakitin emang ahaha :p well novel Alizalea ini terbitan metropop dan punya 336 halaman berkisah tentang cinta masa lalu…hmmm selama 8 tahun pisah dan akhirnya ketemu lagi, tapi g segampang itu buat mereka clbk lagi….baiklah langsung aja cekidottt…^^

 

(He wants her. She hates him. Together they have a…)

Dirty Little Secret

-Aliazale-

Metropop, Januari 2014

Image

 

MEET THE HERO

Ben Barata. Sukses dengan kariernya dan berkehidupan mapan, tapi masih merasakan kekosongan dalam hidupnya. Dan dia yakin kekosongan itu hanya bisa diisi oleh Jana. Cewek yang menghilang tanpa jejak setelah hatinya diinjak-injak bertahun-tahun lalu. Dia bertekad untuk bertekuk lutut meminta maaf dan mendapatkan kesempatan kedua dengan Jana.. namun, bagaimana dia bisa melakukannya tanpa membuat Jana mengambil langkah seribu ketika melihatnya?

MEET THE HEROINE

Jana Oetomo. Ibu dari sepasang anak kembar yang bandelnya setengah mati dengan sebuah rahasia yang memberikan definisi baru pada ungkapan “skeletons in the closet”. Namun sepertinya rahasia itu tidak bisa tetap terkubur, terutama ketika ben, orang terakhir yang dia inginkan mengetahui rahasia itu, tiba-tiba muncul kembali dalam kehidupannya. Dan dia lebih baik mati daripada membiarkan Ben dekat-dekat dengannya lagi.

 

Sepenggal cerita

Kisah seorang gadis bernama Jana Oetomo 27 tahun dengan statusnya sebagai sigle parent bagi 2 orang anak kembarnya yang bernama Erga dan Raka. Jana terlahir dikeluarga yang cukup terkenal dikalangan pebisnis, ibunya yang berasal dari Jepang dan ayahnya Indonesia yang menurutnya seorang diktator dan mengekang kebebasannya selama ini. munculnya Erga dan Raka bukan tanpa alasan, tentu saja ada ayahnya yaitu Ben Barata. 8 tahun yang lalu mereka sama-sama kuliah di Amerika, kala itu Jana adalah siswi baru, Ben terkenal dikalangan para wanita yahh bisa dibilang dia agak playboy ^^. Jana yang rada polos dan Ben ‘casanova’ mungkin ..oke singkat cerita Jana hamil, begitu Ben tau kehamilan Jana Ben kanget tanpa berfikir Ben menyuruh Jana menggugurkan kandungannya, mereka pun bertengkar hebat. Sejak saat itu Ben sudah tidak melihat Jana, karena Jana telah kembali ke Indonesia walaupun begitu keduanya masih sangat merindukan dan memiliki feeling yang sama. Jana kini menjadi wanita karir di perusahaan keluarga, sementara Ben menjadi senior konsultan di Chicago. Hingga pertemuan mereka kembali setelah 8 tahun dan Jana masih tersihir oleh paras Ben yang super handsome^^ begitupun Ben, Ben bertekat untuk merebut Jana kembali, tapi tidak semudah itu membuat Jana percaya bahwa Ben tidak akan menginjak hatinya lagi, dengan segala kekuatan Jana menolak permintaan Ben untuk bertemu. Saat puncaknya Ben mendatangi kantor Jana dan teriakan seseorang yang memanggil Jana dengan sebutan “…Bunda” 2 anak laki-laki itu memanggil Jana ‘Bunda’ sontak Ben kaget, kaget karena dulu Jana telah mengiriminya email yang menyatakan kalau dy telah menggugurkan kandungannya. Ben langsung buat keputusan untuk memperbaiki semua, menetap di Jakarta, membuat pengakuan pada keluarga, mengambil hati Erga dan Raka dan menjadi bagian dari kehidupan mereka bersama Jana. Jungkir balik yang dilakukan Ben untuk bisa bersama anak-anaknya yang super gemesin sampai Jana terharu liat keakraban mereka. Ben menyatakan cintanya kembali pada Jana, dan dari dulu hingga sekarang dia hanya ingin Jana tapi Jana terlalu sakit dengan sikap Ben terdahulu hingga Jana selalu menekan perasaannya. .

Hmmm dari Jana oke, w bisa ngerti kenapa Jana besikap kasar sama Ben, karna kejadian masa lalu yang membuat dia harus berjuang buat membesarkan Erga dan Raka tanpa suami. Tapi harusnya dia kasih tau Ben tentang itu semua dan nggak bilang ke anak” kalo ayah mereka udah di surga,,,dan yang bikin gregetan tuhh Jana terlalu ngegantungin Ben, udah tiap hari Ben bilang cinta dan tiap haripun ditolak *pukpuk Ben* padahal Jana masih ada rasa tuhh…over all Jana tuh bunda yang baik bagi anak”nya juga termasuk golongan cewe super^^ and Ben adalah Dirty Little Secretnya Jana :p

And than Ben yahh taulah dia dulu ‘chicken’ menerima kenyataan, yang dipikirannya adalah membangun masa denpan cerah yang terbentang dihadapannya..tapi tapi abis nyuruh Jana gugurin Ben sadar kok,, dan terus terusan nemuain Jana buat minta maaf dan bicara lebih lanjut, Jananya aja yang g mau denger dan keburu minggat ke Indonesia tanpa kabar. Dan Ben g lelah nyari Jana dan sengaja balik ke Jakarta buat nyari Jana dan buat dia kembali lagi,,,lantas saat tau ada Erga dan Raka Ben langsung mau menetap di Jakarta buat jadi ayah yang baik buat mereka jadi g dipanggil ‘om’ lagi tapi ‘ayah’ dan menjadi bagian dari mereka …tapii Ben ditolak mulu sama Jana, padahal udah dapet dukungan dari anak”nya…sampe si Ben pasrah…yudahlah terserah w ngikut aja gitulah intinya *hahaha* dan w rasa Ben patut disukai,,,sia dah yang bisa nolak pesona cowo satu ini karir cemerlang di luar negeri, tanggungjawab & keayahan (?)’-‘

Terus terusss yahh Erga ma Raka tuhh ihhh si cowok kembar umur 7 tahun yang menggemaskan,,, yampun gemes banget tiap scene mereka dan baru sadar kalo mereka bocah pas nangis kejer saat tau Ben ayah mereka…huahhh kesedihan bocah yang tau ayahnya adalah om Ben orang yang mereka favoritkan terlebih lagi tau kenyataan kalau Jana terlah berbohong dengan bilang ayah mereka telah di surga…pokonya karakter mereka gemesin banget minta dikarungin terus dibawa pulang *hahaha

Well novel ini bagus *yeayyy* w suka cara penulis ngegambarin karekternya tuh kuat banget, situasi dan semuanya deh dan ringan dibaca dengan sedikit taburan *eaaa* unsur humor walaupun yahh banyak kata-kata kasar didalemnya,,sepanjang jalan bakal nemuain kata makian ahaha *tapi kenapa jadi lucu w baca,,aneh dah* :p . Menggunkan penulisan orang ketiga serba tau buat kita tau perasaan masing-masing ^^ betapa dalem cinta Jana dan Ben sampe bertaun-taun dan kepisah antar benua…penuh rintangan yang Ben hadapi dan rintangan terbedar itu ada pada Jana yang masih g yakin sama Ben… kayanya layak dapet bintang 4 deh buat ini novel,,,,yeayyyy,,,*prokprok* w jadi suka sama nih penulis *cari-cari ahh novel dia yang lain* :p hahaha

Oia ada qoute yang w suka juga disini ada dihalaman 222^^

“Kita hanya akan jatuh cinta dengan orang yang membuat kita tidak bisa membayangkan hidup tanpa mereka”

Diposkan pada Novel, Review, Sinopsis

[Review] The Way We Were (Laut Senja)

holaaaa kali ini mau ngebahas sepenggal cerita, tapi dikit aja haha dari novel karya Sky Nakayama 

Terbitan Gagasmedia

The Way We Were

(Kita Dulu dan Sekarang)

 2014-02-25 22.00.52

          Aku tahu kamu ragu.

Namun, pertemuan pertama kita… selalu berkesan buatku.
Kamu yang lugu, selalu sibuk dengan pikiranmu.
Laut ada aku disini.
Laki-laki yang selalu suka dengan tawa dan ceitamu.
Juga galaknya kamu, waktu awal bertemu.
Bebaskan hatimu.
Karena air mata tak pernah membuatmu lucu.
Kemarilah dan genggam tanganku.
Untuk segala rasa dan cinta yang ingin berlabuh.

Oke kita mulai dari cerita Laut Senja , Laut adalah seorang gadis dari Jakarta yang kuliah di Bandung, pertemuan pertamanya dengan sosok Oka Satria Adhiyaksa disebuah bis kota Bandung, Laut menganggap Oka pengamen saat itu padahal Oka sedang meminta donasi atas nama kampus, dan Oka pulalah yang mengambil dompet Laut saat dicopet oleh pencuri hingga dia babak belur, Okalah penyelamat bagi Laut. Oka ini tipe implusif kalau kata Kei, Kei itu sahabat Oka dari kecil yang tau luar dalemnya Oka, dan dia juga yang langsung bisa menebak kalau ada seseorang yang menarik perhatian sahabatnya itu. Keseharian Laut yang ceria membuat Oka senang berada disekitarnya, mengajaknya makan bahkan belibur ke Bali di malam Tahun baru. Tapi dibali kecerian Laut sebenarnya dia menyimpan sejuta perih dalam hidupnya, hubungannya dengan ibunya tentu tak seindah bayangannya. Ibunya selalu terkesan tak menginginkan Laut, Laut mempunyai dua kaka, Kak Denis dan Kak Marissa, berbeda dengan sikap ibunya, Ayah Laut sangat menyayaginya. Tapi isu perselingkuhan sang Ayah membuat seisi rumah geger bahkan Lautlah yang menemukan fakta itu didepan matanya. Untunglah Laut mempunyai sahabat seperti Alin yang menemaninya. Hubungan Oka dan Laut dimaknakan Laut hanya sekedar kakak dan adik namun itu berbeda menurut Oka. Alin yang terang-terangan menyukai Kei di depan Laut saat mereka pertama bertemu di Bali. Permasalahan bergulir begitu deras dalam hidup Laut dari mulai dia merasa nyaman dengan Kei dan menyatakan cintanya serta Oka yang mundur perlahan demi kebahagian Laut, ditambah konflik keluarga yang membuat dia hampir gila.

 Menurut w ni novel cukup bagus, ini lebih banyak konflik batin Laut sih terhadap peliknya konflik keluarga antara Ibu dan Ayahnya, serta Ibunya dan Laut sendiri. Tapi yahh w aga kurang paham sama sikap ibunya ke Laut, biar gimanapun Laut itu anaknya yang lahir dari rahim dia, kenapa dia bisa ngebedain Laut sama kakak-kakaknya dan cenderung malah gak suka sama Laut, terlepas dari massa lalu yang akhirnya memunculkan Laut di keluarga itu, tetep aja w pikir yang namanya seorang ibu tuh lebih sayang anaknya dari apapun. Dan tentang konflik perselingkuhan disini tuhh woww,,,nggak nyangka juga sang Ayah bakal ninggalin rumah dan milih buat sama cinta pertamanya yang harus dia lepaskan karna dijodohkan dengan ibu Laut. Pelajaran dari situlah yang membuat Laut dewasa akan cinta.

W kagum juga sama Oka saat dia rela make baju sinterklas buat menghibur Laut buat bikin Laut bisa senyum lagi tapi jlebb bgt pas dateng taunya Laut sama Kei,,, *pukpuk Oka* dan yang pas Oka ditilang ma polisi *ahahahaha koplak bgt asli si Oka* …Oka itu cowo yang bisa dibilang nggak suka mau tau walaupun nggak bisa dipungkirin dia juga kepo, nah Kei ini kebalikan dia tuh rada kepo dan lebih bisa menganalisis keadaan. Trus Alin, w agak sebel juga sama dia waktu Laut kabur dia sebagai sahabat malah cenderung nggak perduli dan ninggalin Laut saat udah ketemu cuman buat marah-marah soal Laut yang suka sama Kei,,, *aduh Alin katanya sahabat tapi gara-gara itu doang kok jadi acuh gitu,,,aku keciwa* dan Kakaknya Laut, Denis dan Marina menurut w juga aga g perhatian sama adenya.. okelah buat novel ini w bakal kasih bintang 3[***] yeayyyy

Terlepas dari itu w suka bgt quote yang ada didalem novel ini ^^ diantaranya *nggak mungkin juga nulis semuanya kan* cekidotttt…

Suka banget kata-kata Oka yang ada dihalaman 241, menurut w dewasa sekali kata-kata ini ^^:

“Jangan manjain hati. Biarlah dia terluka sekali, supaya dia bisa belajar untuk menghargai kebahagian. Supaya dia bisa belajar untuk bangkit kembali setelah sesuatu membuatnya terluka. Biarkan dia dewasa”

Dan quote yang ada di halaman satu:

“Once I wanted to be the geatest Two fists of solid rock with brains that could explaind any feeling”.